Friday 3 March 2017

Yuk Kita Mengenal Geisha; Wanita Penghibur dari Jepang !

Yuk Kita Mengenal Geisha Wanita Penghibur dari Jepang - Hai Nakama ! kita  bertemu lagi nih,, sekarang saya akan mengenalkan apa sih  geisha itu ?Apakah sama geisha dengan pelacur ? Sebelum itu yuk kita mengetahui bersama-sama sejarah tentang geisha >_<




Sejarah mengenai geisha ini berawal dari masa pemerintahan Shogun Tokugawa. Pada masa itu jepang tidak lagi berperang. Calon geisha ini harus mendalami berbagai macam pelatihan seni yang berat, diantaranya yaitu seperti upacara minum teh,  bermain alat musik tradisional jepang, menyanyi, serta menari. Salah satu alat musik yang dipelajari oleh geisha pada masa itu adalah alat musik petik Shamizen, geisha yang belajar alat musik ini biasanya jari-jarinya akan direndam air es terlebih dahulu. Selain Shamizen, Geisha juga harus pandai memainkan alat musik Taiko. Selain alat musik Geisha juga mempelajari tarian jepang salah satunya yaitu Tari Topeng Noh. Tarian ini sering dibawakan oleh geisha yang dihadirkan untuk masyarakat kelas atas, berbeda dengan pertunjukkan Tarian Kabuki yang lebih disukai rakyat jelata.
Geisha Jaman dahulu
Jadi apa itu geisha ? Geisha adalah band yang berasal indonesia ehh salah bukan itu yang dimaksud  hehe . . Dalam bahasa Jepang, Geisha (芸者) adalah “Seniman” atau orang yang terampil dalam seni tradisional Jepang seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Pada awalnya, yang menjadi Geisha adalah kaum laki-laki. Namun jumlah laki-laki yang tertarik menekuni bidang ini seiring menurun hingga pada akhirnya para wanitalah yang mengambil alih profesi ini. Tradisi Geisha pada perempuan ini kemudian semakin tertanam kuat hingga mereka memiliki hierarki atau lebih kita kenal dengan strata serta kode etik yang ketat. Para Geisha ini kebanyakan tinggal di sebuah rumah yang disebut Okiya, yang dimiliki oleh seorang wanita yang biasanya mantan Geisha. Dirumah Geisha (“Okiya”) ini gadis-gadis yang akan menjadi calon Geisha kebanyakan berasal dari keluarga tidak mampu dan kemudian disanalah gadis-gadis itu dilatih. Semasa kecilnya Geisha ini dipekerjakan layaknya seperti pembantu



Intinya Geisha itu bukan wanita penghibur yang kita kenal sebagai PSK atau Pelacur, ataupun juga ladies Escort yang bisa dibawa tidur oleh kaum pria, namun awal mulanya mereka ada karena tuntutan karir dan zaman bahwa wanita bisa juga jadi seorang seniman yang menghibur atau saat ini bisa dibilang entertainer. Sebenarnya Geisha hanya dibolehkan berhubungan khusus dengan laki-laki yang menjadi danna-nya (pelindung) yang menompang biaya hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain Geisha hanya bisa menjadi setengah istri, kok cuma setengah Istri ? Jadi hanya bisa berhubungan pada saat malam hari dengan danna-nya karena Geisha tidak menikah.  Akan tetapi bukan berarti Geisha tidak boleh punya anak. Lalu kenapa Geisha saat ini juga ada yang menjadi wanita “penghibur” dalam tanda kutip alias pelacur ?  



Setelah kurang lebih 100 tahun Geisha ada, ketidakpastian tentang keberadaan Geisha ini mulai bergeser perlahan. Saat ini di Jepang banyak sekali kaum pria (suami) yang kurang puas dengan rumah tangganya, nah karena kehebatan Geisha dalam menghibur (menjamu tamu, menyanyi, menari, serta bermain musik) maka tidak heran banyak kaum pria yang menjadikan Geisha sebagai pasangan hidupnya. Dan itu merupakan salah satu contoh kenapa Geisha saat ini yang semula hanya sebagai entertainer kemudian perlahan menjadi buruan kaum pria sebagai pelarian dari kenyataan hidupnya.

Selain dari pengertian Geisha pasti ada yang penasaran nih kenapa dandanan geisha selalu identik dengan wajah yang diberi make up putih sampai-sampai mirip boneka seperti gambar disamping ? hehe,. Keunikan Geisha ini terletak pada wajahnya. Wajah para Geisha ini dipoles dengan semacam cat putih yang membaluti seluruh wajah sekaligus leher.  Adapun warna merah yang mendominasi wajah putih dari para geisha ini.  Bisa dilihat pada bagian alis, sekitar mata, dan bibir.  Namun beda geisha, beda cara pewarnaan bibirnya. Ada pula yang bibir atasnya diwarnai, ada pun yang hanya bibir bawah saja yang diwarnai.

Sekian dulu yang bisa saya paparkan, jangan kapok ikuti terus info-info terbaru dari blog kami yakk >,<

Baca juga artikel kami  tentang :
Load disqus comments

0 komentar