Friday 3 March 2017

Menyeramkan! 10 Makhluk Terpopuler dalam Mitologi Jepang


Menyeramkan! 10 Makhluk Terpopuler dalam Mitologi Jepang - Hai Nakama kali ini kita akan membahas tentang makhluk-makhluk dalam mitologi jepang nih, seperti yang kita ketahui bahwa diseluruh dunia pasti memiliki mitos-mitos yang melegenda yang tentunya menarik untuk dibahas. Disina akan di bahas apa aja sih makhluk-makhluk yang dianggap memiliki kekuatan supranatual tertetu yang kadang ada yang mengganggu dunia manusia menurut mitos yang berkembang dalam masyarakat jepang.

Jepang merupakan sebuah negara di Asia Timur yang berupa kepulauan dengan ada sekitar 6.852 pulau yang terletak di ujung barat Samudra pasifik, yang berdekatan dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Korea  dan Rusia. Di setiap daerah memiliki cerita tentang legenda tertentu, beberapa dari masyarakat jepang ada yang mempercayainya sebagai suatu yang benar-benar ada namun sebagian yang lain menganggap hanya meupakan dongeng saja. Kalau kita sering menonton anime jepang, maka kita akan sedikit mengenal tentang makhluk mitologi jepang. Baiklah tidak perlu berlama-lama langsung saja kita bahas satu persatu :

Tengu
1. Tengu

Tengu merupakan makhluk yang memiliki hidung panjang dan sayap seperti gagak. Menurut mitologi jepang , tengu merupakan makhluk yang kuat yang tinggal di Gunung dan biasanya penampakannya selalu ditandai oleh burung elang atau gagak. Dengan sepasang sayanpnya memungkinkan tengu bisa terbang bebas dilangit sambil membawa pedang besar (tachi).

Nue
2. Nue

Nue merupakan makhluk yang bentuknya seperti harimau, tetapi memiliki wajah monyet dan ekor ular berbisa. Konon katanya, apabila bertemu dengan Nue, maka orang yang bersangkutan akan mengalami kesialan terus-menerus, seperti terserang penyakit, kehilangan harta benda dan lain-lain. 
Kasa-obake
3. Kasa-obake

Kasa obake adalah yokai yang berbentuk payung, biasanya memiliki satu mata yang besar, satu atau dua kaki dan lidah yang panjang. Menurut mitologi jepang, Kasa-obake dulunya hanya payung kertas biasa, namun karena tidak digunakan selama hampir 100 tahun membuatnya didiami oleh roh gentayangan. Kasa obake biasanya menakut-nakuti manusia dengan cara menjulurkan lidanya yang membuat kaget orang yang melihatnya, namun hanya sebatas itulah yang dia lakukan tidak sampai membunuh.

Kappa
4. Kappa

Kappa adalah makhluk mitologi jepang yang memiliki wujud seperti gabungan antara kura-kura dan kodok, memiliki kulit yang bersisik dan satu hal yang unik adalah adanya sesuatu seperti piringan berbetuk bulat berisi air yang konon katanya merupakan sumber kekuatan dari kappa. Air ini memungkinkan kappa dapat bergerak didarat dengan bebas, namun jika air diatas kepalannya ini tumpah dan habis, maka kekuatannya akan hilang dan dia tidak dapat bergerak. Menurut legenda kappa biasanya makan anak-anak kecil dengan cara menyedot isi perut korbannya hingga habis.

Namazu- Gami
5. Namazu- Gami

Ini nih penyebab gempa yang sering terjadi menurut masyarakat Jepang kuno, dialah Namazu-Gami. Namazu-Gami merupakan makhluk yang yang berbentuk ikan lele yang sangat besar. Konon katanya saat dia meronta-ronta mencoba melepaskan diri dari belenggu yang dijaga oleh Dewa Kashima jauh di permukaan bumi maka akan timbul goncangan yang dahsyat yang membuat tanah jepang berguncang. Saat edo (sekarang Tokyo) diguncang gempa tahun 1855, Namazu ini di puja sebaga dewa perbaikan.

Komainu

6. Komainu

Kalau kita pergi ke jepang dan mengunjungi kuil Shinto, maka kita akan melihat 2 patung batu yang wujudnya menyerupai singa, nah itulah yang disebut Komainu. Komainu selalu berpasangan dimana yang satu dengan mulut terbuka, sedangkan yang lainnya dengan mulut tertutup. Menurut masyarakat jepang, hal ini menggambarkan tentang awal dan akhir.

Baku
7. Baku

Baku merupakan makhluk yang wujudnya menyerupai tapir namun memiliki belalai seperti gajah. Baku adalah makhluk yang rakus namun yang dia makan bukan manusia tapi mimpi. Orang jepang jaman dahulu ketika mereka mengalami mimpi buruk, mereka akan memohon kepada baku agar memakan mimpi buruk mereka, sehingga mereka tidak lagi mengalami mimpi buruk. Namun ada kepercayaan yang mengatakan bahwa baku memiliki sisi buruk yaitu tidak hanya memakan mimpi buruk saja namun juga mimpi tentang masa depan dan lain sebagainya. Baku biasanya dapat ditemukan di atap kuil Budha Jepang.

Yamata no orochi
8. Yamata no orochi

Yamata no orochi adalah hydra dari jepang, Kenapa? Karena makhluk ini memiliki memiliki tubuh seperti ular dan memiliki 8 kepala, hanya saja dia juga memiliki 8 ekor. Yamata no orachi merupakan perwujudan dari kejahatan yang memiliki kemampuan untuk memanggil roh-roh jahat dari dunia iblis. Yamata no orochi adalah bijuu yang pernah bertarung dengan bijuu lain dimana dari 5 kali pertarungan hanya menderita kekalahan dari kyubi. Menurut masyarakat jepang , konon panjang tubuhnya melampaui 8 gunung.

Shukaku
          9. Shukaku

Shukaku merupakan salah satu bijuu  yang bentuknya mirip seperti rakun yang membawa botol sake dan kepalanya ditutupi oleh topi seperti mangkuk. Shukaku memiliki kemampuan untuk mengendalikan angin dan pasar. Dia pernah bertarung dengan bijuu lain dengan 1 kali kemenangan , 3 kali kekalahan dan 1 kali melarikan diri.

Kyuubi no Yokou
10. Kyuubi no Yokou

Kalau kalian pernah menonton naruto maka kalian tidak akan asing mendengar nama Kyuubi. Yapps Kyuubi merupakan salah satu bijuu yang paling kuat diantara bijuu lainnya. Kenapa? Karena dalam perang bijuu Kyubi belum pernah merasakan kekalahan, hal ini karena cakra yang dimiliki kyuubi tidak terbatas dan kekuatannya tidak dapat diukur, selain itu konon katanya hanya dengan kibasan ekor saja dapat menciptakan gempa bumi dan tsunami. Kyuubi memiliki wujud rubah berekor sembilan dengan bulu berwarna merah yang melambangkan elemen api, selain itu kyuubi adalah makhluk yang dikenal licik dan cerdas.

Load disqus comments

0 komentar