Friday 31 March 2017

Melegenda! Tiga Tokoh Pemersatu Jepang


Melegenda! Tiga Tokoh Pemersatu Jepang

Jepang merupakan negara di kawasan asia timur yang selalu menarik untuk dibahas, namun apakah kalian tahu siapa saja yang berjasa dalam mempersatukan Jepang? Nah pada kesempatan ini kita akan membahas tiga tokoh yang mempersatukan negeri matahari terbit Jepang.

1.  Oda Nobunaga

Oda Nobunaga adalah penggagas pertama kali untuk mempersatukan Jepang, dia berhasil menguasai sepertiga wilayah Jepang sebelum insiden Honnoji yang menewaskan dirinya. Oda merupakan pewaris yang sah klan Oda. Setelah ayahnya Oda Nobuhide wafat, Nobunaga menggantikannya sebagai pemimpin klan Oda dan berhasil mengatasi berbagai pemberontakan-pemberontakan oleh mereka yang tidak sudi Nobunaga memimpin, termasuk adiknya sendiri Oda Nobuyuki dalam pertempuran Ino. Sebelumnya dia juga sempat mengirimkan bantuan kepada ayah mertuanya yaitu Saito Dosan karena menikahi anaknya bernama putri Nohime namun konon sudah terlambat, Saito Dosan sudah tewas terbubuh oleh anaknya sendiri bernama Saito Yoshitatsu.
Di masa remajanya Nobunaga di anggap selalu bertingkah aneh sehingga dia dijuluki si bodoh dari owari. Dia selalu bergaul dengan pemuda di sekitarnya tanpa memandang statusnya sebagai bangsawan. Oda Nobunaga selama hidupnya sudah melakukan banyak sekali pertempuran diantaranya adalah pertempuran Okehazama dengan penguasa suruga Imagawa Yoshimoto, yang berhasil ditakhlukan berkat serangan tiba-tiba pasukan Oda Nobunaga yang kala itu melihat pasukan Imagawa Yoshimoto sedang bermabuk-mabukan dan berpesta ria. Selain itu ada penaklukan provinsi Mino, yang mana ada kejadian yang menarik berupa dibangunnya istana Sunomata dalam satu malam.
Oda Nobunaga mendapat julukan Raja Iblis setelah membakar kuil Enryaku yang menewaskan hampir 4 ribu orang termasuk wanita, anak-anak dan pendeta kuil. Namun masa kejayaan Oda Nobunaga berakhir setelah ada pengkhianatan yang dilakukan Akechi Mitsuhide yang awalnya diperintahkan untuk membantu pasukan Hideyoshi dalam pertempuran dengan klan Mori malah berbalik arah dan mengepung serta membakar kuil Honnoji yang kala itu digunakan Oda Nobunaga untuk beristirahat. Oda Nobunaga meninggal setelah melakukan Seppuku.

2.     Toyotomi Hideyoshi

Toyotomi Hideyoshi merupakan salah satu tokoh pemersatu jepang yang berhasil mengakhiri perang saudara pada abad ke-16. Beliau sebenarnya berasal dari golongan rakyat jelata yang lahir di desa Nakamura, Owari. Karena kenakalannya di masa kecil dia di kirimkan ke sebuah Kuil budha namun setelah itu dia diusir, beruntunglah karena kebaikan hati Matsushita Yukitsuna dia diperbolehkan mengabdi dalam klan tersebut, setelah itu dia pulang ke owari untuk mengabdi dengan Oda Nobunaga yang saat itu masih terlalu muda untuk menjadi pemimpin klan. Dalam klan Oda, Toyotomi Hideyoshi diperintahkan hanya sebagai seorang tukang yang membawakan sandal meskipun begitu Oda Nobunaga merasa nyaman dilayani oleh Hideyoshi.
Hideyoshi memiliki jasa yang besar dalam setiap strategi untuk menguasai negeri seperti membangun Istana Sunomata dalam waktu semalam, selain itu dia juga mempertaruhkan nyawa dalam perang  Kanegasaki agar posisi Oda Nobunaga sudah diambang kematian dapat lolos melarikan diri, dan pernah juga menyerang Istana Takamatsu dengan banjiran air.
Karena Hideyoshi berhasil memenangkan berbagai pertempuran, akhirnya pangkatnya yang hanya pembawa sandal, kemudian menjadi seorang perwira yang pada  akhirnya mendapatkan kepercayaan penuh dari Oda Nobunaga untuk membawahi lebih dari 15.000 pasukan.
Namun pada tahun 1580, Oda Nobunaga terpaksa melakukan seppuku karena  pengkhianatan oleh anak buahnya sendiri, Akechi Mitsuhide, di Kuil Honnoji. Kemudian, Hideyoshi dan anak tertua Nobunaga, Nobutada, memimpin pasukan untuk mengalahkan Akechi Mitsuhide sekaligus membalas dendam atas kematian pemimpin mereka yang akhirnya dalam pertempuran Yamazaki berhasil dimenangkan. Setelah itu Hideyoshi memimpin peninggalan klan Oda dan terus melanjutkan ekspansinya untuk menguasai Jepang.

3.     Tokugawa Ieyasu

       Tokugawa Ieyasu lahir di Okazaki, 31 Januari 1543, beliau adalah daimyo serta shogun  di Jepang. Tokugawa Ieyasu merupakan pendiri dari Keshogunan Tokugawa. Ia merupakan salah satu tokoh pemersatu bersama dengan Toyotomi Hideyoshi dan Oda Nobunaga, ibarat proses pada padi, Oda Nobunaga yang menanam, Hideyoshi yang merawat sedangkan Tokugawa Ieyasu yang memanen padi tersebut. Tokugawa Ieyasu memerintah dari tahun 1600 karena sepeninggalan dari kepemimpinan Hideyoshi terjadi perebutan kekuasaan di antara para daimyo.

Namun akhirnya Daimyo Ieyasulah yang  berhasil merebut kekuasaan keshogunan. Setelah mendirikan keshogunan Tokugawa, pemerintahannya dipusatkan di Edo (sekarang Tokyo). Selama 264 tahun (1603-1868) keshogunan Tokugawa berkuasa di Jepang. Selama periode ini, Jepang cenderung tertutup dari dunia luar.Beliau meninggal pada tahun 1616 di Shizuoka pada umur ke-72 tahun. Keshogunan Tokugawa berakhir setelah Restorasi Meiji yang menandai berakhirnya keshogunan terakhir di Jepang.
Load disqus comments

0 komentar